Simulasi Asesmen Bakat Minat (ABM) Untuk Siswa Kelas 9 dilaksanakan SMPN 1 Kapongan

SMPN 1 Kapongan, Hari Jum'at tanggal 16 Februari 2024 melaksanakan Simulasi Asesmen Bakat Minat (ABM) di Hari ke 2. Pelaksanaan simulasi ABM menggunakan 1 Ruang Laboratorium Komputer. Peserta simulasi ABM sendiri adalah siswa/i kelas 9 yang ada di aplikasi dapodik. Simulasi diikuti 15 siswa kelas IX yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, melalui Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan, masing - masing kelas 9A, 9B dan 9C di wakili oleh 5 orang siswa/i.

Kegiatan simulasi ABM menggunakan moda full online dan mandiri. Simulasi ABM adalah yang pertama kali untuk sekolah menengah pertama secara skala nasional bertujuan untuk memberikan informasi kepada sekolah mengenai potensi peserta didiknya pada bidang – bidang khusus berdasarkan aspek yang diukur dan kesesuaian dengan minatnya. Hasil dari ABM ini berupa Lembar Laporan Hasil yang isinya tentang potensi bakat dan minat peserta didik. ABM juga bermanfaat untuk memprediksi kemampuan peserta didik jika diberikan kesempatan untuk melanjutkan belajar ke jenjang yang lebih tinggi atau pada situasi yang baru.

Adapun Susunan Panitia Kegiatan Simulasi ABM hingga Pelaksanaan ABM 2024 sebagai Penanggung Jawab Ibu Muyati, S.Pd, M.Pd Ketua Ibu Indah Ratnawati, S.S, Sekretaris/Bendahara/Proktor Ibu Vivin Trimaya Diana, S.Pd, Bapak Syarif Hidayatullah, S.Pd.I sebagai Proktor dan Heru Trayadi Sambada, A.Md Sebagai Teknisi.