Kegiatan Study Tour Situbondo - Jogjakarta Tahun 2023

Study tour adalah salah satu aktivitas belajar di luar ruangan yang dilakukan oleh siswa dan bertujuan untuk belajar tentang proses suatu hal secara langsung dimana siswa bisa mengenal keindahan alam Indonesia, budaya tradisonal dan kebiasaan masyarakat di kota lain. Selain sebagai sarana belajar, kegiatan ini juga menjadi sarana rekseasi siswa. SMPN 1 Kapongan secara rutin mengadakan Study Tour bagi siswa kelas VIII setiap tahunnya sebagai bagian dari program kesiswaan di sekolah.

Study Tour siswa kelas VIII SMPN 1 Kapongan tahun ini dilaksanakan di kota Yogyakarta dari tanggal 12 Juli sampai 15 Juli 2023. Study Tour diikuti oleh seluruh siswa kelas VIII dan guru pendamping yaitu Kepala Sekolah, Urusan Kesiswaan, Panitia dan seluruh wali kelas VIII . Seluruh peserta berangkat tengah malam pukul 00.00 WIB dari Taman Lanceng Kapongan langsung menuju Yogyakarta. Setelah menempuh perjalanan seharian dengan menggunakan bus para siswa sampai di Yogyakarta dan menginap di Hotel. Di kota Yogyakarta ini hari pertama, siswa mengunjungi Keraton Jogja dan Candi Borobudur melakukan eksplorasi di kawasan wisata tersebut. Di hari kedua siswa didampingi pembimbing mengunjungi Go'a Pindul, HeHa Sky View Gunungkidul dan menikmati pemandangan indah disana.

Kegiatan study tour di hari ketiga, seluruh siswa mengunjungi tebing breksi terakhir ke pasar klewer Solo, seluruh siswa dan guru pembimbing kembali ke Situbondo pada sore hari sekitar pukul 16.00 WIB dan tiba dengan selamat di SMPN 1 Kapongan Minggu dini hari tanggal 16 Juli 2023.

Semoga dengan study tour ini semakin meningkatkan kekompakan dan kebersamaan siswa kelas VIII yang selama ini sudah terjalin dengan baik. Selain itu juga memberikan banyak manfaat bagi siswa diantaranya memberikan pengalaman belajar di luar kelas dan mendapatkan pengalaman menarik.