Simulasi Gladi Bersih ANBK SMP Tahun 2021

Asesmen Nasional merupakan program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan yang berbasis komputer. Sebagai langkah-langkah persiapan pelaksanaan ANBK Kemdikbud mempersiapkan tahapan yang perlu dilakukan oleh satuan pendidikan salah satu diantaranya adalah simulasi dan gladi bersih ANBK 2021.

Simulasi ANBK yaitu semacam metode pelatihan bagi satuan pendidikan yang akan menyelenggarakan ANBK 2021, yang bertujuan untuk melihat kesiapan sekolah serta mengetahui apakah server pusat dapat mengakomodir pelaksanaan ANBK 2021 secara optimal juga untuk mengetahui sejauh mana persiapan seluruh orang yang terlibat baik dari peserta didik, proktor hingga teknisi, memperkenalkan bentuk soal ANBK yang diantaranya berupa soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), survei karakter, survei lingkungan belajar. Disamping itu simulasi ANBK bertujuan untuk memperkenalkan peserta didik cara menggunakan perangkat komputer agar saat pelaksanaannya peserta didik dapat melaksanakan dengan lancar dan sukses.

Pelaksanaan simulasi ANBK 2021 sesuai dengan surat edaran dari Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, terbagi menjadi dua gelombang. Gelombang pertama diselenggarakan pada tanggal 06 September - 09 September 2021. Sedangkan gelombang kedua pada 13 September - 16 September 2021. Teknis pelaksanaan simulasi ANBK 2021 hanya untuk Satuan Pendidikan yang berstatus mandiri dan mandiri yang ditumpangi dengan moda Daring atau semi Daring.