Pelaksanaan Vaksinasi Bagi Pelajar Usia 12 - 17 Tahun SMPN 1 Kapongan

SMPN 1 Kapongan telah melaksanakan program vaksinasi untuk pelajar yang kedua kalinya di lingkungan Sekolah. Pelaksanaan Program Vaksinasi kali ini di lakukan sebagai upaya untuk mendukung Pemerintah Kabupaten Situbondo dalam menekan angka penularan covid - 19 di kalangan pelajar. Pelaksanaan Vaksinasi kali ini di beri sambutan langsung oleh Ibu Wakil Bupati Situbondo Hj. Khoirani, S.Pd., M.H, Bapak Camat Kapongan, Bapak Kapolsek dan Bapak Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Kapongan. dan di lanjutkan ke acara inti yaitu vaksinasi kepada siswa - siswi SMPN 1 Kapongan.

Pelaksanaan vaksinasi di SMP Negeri 1 Kapongan yang dilaksanakan oleh puskesmas kapongan disekolah kami bertujuan untuk pembentukan herd immunity anak - anak maupun remaja juga termasuk kelompok yang rentan terkena Covid-19. Adanya mutasi Covid-19 varian delta menyebabkan tingkat resiko penularan Covid-19 meningkat. Vaksinasi Covid-19 terhadap anak-anak juga telah dilakukan di sejumlah wilayah di Indonesia. Jumlah peserta didik yang mendapatkan vaksin sekitar 20% di tahap I sebelum di adakan sosialisasi yang kesekian kali. Mereka didampingi oleh orang tua masing - masing. Sebelum melaksanakan vaksinasi tahap pertama pihak sekolah telah mengadakan sosialisasi terlebih dahulu kepada pihak orang tua yang dilaksanakan per sesi dengan 3 sesi dari kelas VII, Kelas VIII dan Kelas IX ini.

Pihak Sekolah juga memberikan surat keterangan persetujuan kepada orang tua siswa untuk di tanda tangani bahwa menyatakan putra/putrinya setuju untuk di vaksin atau tidak. Dari hasil proses pemberian sosialisasi dari orang tua ini mendapatkan respon positif dari pihak orang tua sehingga pihak sekolah kembali mengadakan vaksin tahap dua dengan puskesmas kapongan. Sehingga saat ini siswa - siswi di SMPN 1 Kapongan telah meningkat menjadi 95% ditahap II yang telah di vaksin tahap 2.