OSIS SMP Negeri 1 Kapongan Bagikan Zakat Fitrah Ke Warga

Pada Bulan Ramadhan 1443 Hijriyah ini, SMP Negeri 1 Kapongan melaksanakan kegiatan sosial berupa pengumpulan dan pembagian zakat fitrah oleh warga sekolah diperuntukkan kepada siswa dan masyarakat yang berhak menerima.

Pengumpulan zakat fitrah dilaksanakan mulai tanggal 18 April 2022 s.d 27 April 2022 yang bertempat di Ruang OSIS. Kegiatan sosial ini ditangani secara langsung oleh bagian kesiswaan dan dibantu oleh pengurus OSIS SMP Negeri 1 Kapongan. Setiap hari akan ada beberapa siswa OSIS yang bergilir menjadi penerima zakat.

Dra. Umi Kalsum selaku koordinator pelaksana mengharapkan agar dengan pelaksanaan pengumpulan dan penyaluran zakat fitrah ini dapat meningkatkan kesadaran seluruh guru dan siswa akan pentingnya zakat fitrah sebagai kewajiban seluruh umat Islam. Panitia juga berharap agar tahun depan kegiatan serupa dapat dilaksanakan lagi secara rutin yang hampir selama 2 tahun terganjal di karenakan pandemi covid-19 sehingga bisa membawa manfaat untuk siswa dan masyarakat sekitar yang benar-benar berhak menerima zakat.

Pengumpulan zakat fitrah tahun ini dibagi menjadi dua jenis, yaitu berupa beras 3 kg atau uang Rp. 35.000,00 perorangnya. Kemudian zakat yang berupa uang dibelikan beras untuk kemudian dibagikan kepada siswa dan masyarakat yang berhak. Pembagian zakat fitrah serentak dilaksanakan pada hari Rabu, 27 April 2022 pagi hari sehari sebelum libur lebaran tiba. Pembagian zakat fitrah untuk siswa kurang mampu dilakukan di lingkungan SMP Negeri 1 Kapongan dan zakat fitrah untuk warga yang kurang mampu dilakukan oleh guru dan OSIS dengan berkeliling ke rumah warga langsung.

Semoga zakat fitrah mampu membersihkan diri dari dosa dan perbuatan keji serta menyempurnakan ibadah puasa, menjadi bentuk kepedulian terhadap sesama umat muslim, dan memaknai bahwa Hari Raya Idul Fitri merupakan hari kemenangan dan hari kebahagian. Semoga bermanfaat bagi masyarakat sekitar dan Siswa SMP Negeri 1 Kapongan yang benar-benar membutukan