Lokakarya Orientasi Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 5

Apa Itu Guru Penggerak?

Penggerak adalah program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran. Program ini meliputi pelatihan daring, lokakarya, konferensi, dan Pendampingan selama 6 bulan bagi calon Guru Penggerak. Selama program, guru tetap menjalankan tugas mengajar sebagai guru. Guru Penggerak ini merupakan salah satu program ungulan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. lokakarya orientasi Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 5 Kab. Situbondo.

Guru Penggerak ini merupakan salah satu program unggulan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang akan mendidik para guru menjadi Pioneer untuk kemajuan pendidikan Indonesia melalui penerapan merdeka belajar dan Filosofi Ki Hadjar Dewantara (KHD). Kemdikbud melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) mendorong lulusan Program Guru Penggerak (PGP) mendapatkan prioritas untuk menempati posisi strategis di lembaga pendidikan. Guru Penggerak harus lulus seleksi dan mengikuti Program Pendidikan Guru Penggerak. Program ini akan menciptakan guru penggerak yang dapat :

  1. Mengembangkan diri dan guru lain dengan refleksi, berbagi dan kolaborasi secara mandiri
  2. Memiliki kematangan moral, emosi dan spiritual untuk berperilaku sesuai kode etik
  3. Merencanakan, menjalankan, merefleksikan dan mengevaluasi pembelajaran yang berpusat pada murid dengan melibatkan orang tua
  4. Berkolaborasi dengan orang tua dan komunitas untuk mengembangkan sekolah dan menumbuhkan kepemimpinan murid
  5. Mengembangkan dan memimpin upaya mewujudkan visi sekolah yang berpihak pada murid dan relevan dengan kebutuhan komunitas di sekitar sekolah.

 

Sehubungan dengan hal itu Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 5 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Situbondo melaksanakan kegiatan Lokakarya Orientasi Pendidikan Guru Penggerak(PGP) pada Sabtu (21/05/2022) dan Minggu (22/05/2022) di Rosali Hotel dan Restourant Situbondo. 

Sebagai informasi bahwa peserta yang hadir saat kegiatan ini  adalah  orang-orang pilihan yang telah lulus dalam seleksi guru penggerak Angkatan 5, dan para Kepala Sekolah yang telah ada/memiliki guru penggerak di satuan pendidikannya masing – masing. Jumlah peserta pada Guru Penggerak Angkatan 5 yang lulus dalam seleksi tahap II mencapai 42 orang . Dalam hal ini, SMP Negeri 1 Kapongan memiliki peserta Guru Penggerak yang telah lolos seleksi terbanyak se - Kabupaten Situbondo sebanyak 4 orang atas nama Ibu Lina Syawaliyanti Esti, S.Pd., Gr. Beliau merupakan pengajar mata pelajaran BK di kelas VII dan kelas VIII, Ibu Fatmah Nur Ulinhana, S.Pd., Gr., Beliau merupakan pengajar mata pelajaran PKn di kelas VII, kelas VIII dan kelas IX, Ibu Intania Loren, S.Pd Beliau merupakan pengajar mata pelajaran IPA di kelas VII dan Ibu Yulindawati, S.Pd Beliau merupakan pengajar mata pelajaran Bahasa daerah di kelas VIII dan kelas IX. Kesuksesan ini tentunya berkat bimbingan Kepala Sekolah serta para guru di wilayah SMP Negeri 1 Kapongan .

Pada dasarnya Guru Penggerak dibentuk untuk menjadi pemimpin pembelajaran yang menerapkan merdeka belajar. Guru Penggerak juga berperan dalam menggerakkan seluruh ekosistem pendidikan guna mewujudkan pendidikan yang berorientasi pada peserta didik sehingga dapat mencapai Peningkatan mutu hasil belajardalam kurun waktu 3 tahun, Peningkatan kompetensi kepala sekolah dan guru, Percepatan digitalisasi sekolah, Kesempatan menjadi katalis perubahan bagi satuan pendidikan lain, Percepatan pencapaian profil pelajar Pancasila.