Kerja Bakti Peduli Lingkungan Sekolah

Kapongan (11/02/2022) - Kerja bakti merupakan salah satu budaya di Indonesia yang harus dilestarikan dan diterapkan, baik itu dalam lingkungan masyarakat maupun di lingkungan sekolah. Kerja bakti patut menjadi identitas budaya Indonesia karena banyak manfaatnya, diantaranya kebersamaan, kepedulian, keserasian, dan pekerjaan yang dilakukan dengan kerja bakti akan lebih cepat selesai. Budaya kerja bakti di lingkungan SMP Negeri 1 Kapongan untuk membersihkan lingkungan sekolah sudah diterapkan sejak dulu. Namun, karena situasi dan kondisi pandemi, kerja bakti yang sudah mendarah daging ini berhenti sementara.

Sebelum kerja bakti peduli lingkungan sekolah ini di mulai, kegiatan diawali dengan apel pagi yang dipimpin oleh Bapak Mohammad Zuhri Efendi, S.Pd selaku Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Kapongan dan di lanjutkan dengan sambutan Bapak Danramil 0823-03 Kecamatan Kapongan memberikan sedikit pengarahan agar siswa - siswi peduli terhadap kebersihan lingkungan sekolah agar nyaman dalam melakukan aktivitas di lingkungan sekolah. Kerja bakti yang sudah menjadi ciri khas SMP Negeri 1 Kapongan kini aktif dilaksanakan kembali. Gotong royong, bahu-membahu, dan saling membantu antara semua warga sekolah, baik itu siswa, kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan, satpam, petugas kebersihan, dan di bantu anggota koramil 0823-03/kapongan ikut andil dalam kegiatan ini. Kerja bakti dilakukan selama 2 hari yaitu hari jum'at tanggal 11 Februari 2022 untuk siswa yang masuk sesi 1 dan hari sabtu tanggal 12 Februari 2022 untuk siswa yang masuk sesi 2.

Siswa dengan semangat membersihkan lingkungan kelas dan sekitarnya dengan didampingi wali kelas masing-masing. Kerja bakti tak hanya dilakukan di lingkungan sekitar kelas saja, kerja bakti terfokus di lingkungan sekolah secara umum seperti sanitasi,lapangan upacara, green house, serta ruangan lainnya yang bukan ruang kelas. Pembiasaan ini sangat bermanfaat perilaku peduli terhadap lingkungan sekolah. Kegiatan kerja bakti kebersihan lingkungan ini dilakukan sebagai upaya SMP Negeri 1 Kapongan memberikan lingkungan yang bersih, asri, dan nyaman untuk belajar siswa. Karena lingkungan yang bersih, asri, dan nyaman dapat menumbuhkan jiwa yang sehat. “Kita harus baik dan mau merawat lingkungan agar bisa memberikan kenyamanan bagi warga sekolah.