Kegiatan Penilaian Tengah Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022

Penilaian Tengah Semester adalah kegiatan pengukuran dan penilaian kompetensi peserta didik secara standar sekolah dengan tujuan untuk menilai pencapaian kompetensi lulusan secara standar sekolah pada mata pelajaran tertentu. Pada tanggal 20 September 2021 – 25 September 2021, telah dilaksanakan PTS Gasal di SMP Negeri 1 Kapongan dengan tertib dan sesuai protokol kesehatan

Kegiatan evaluasi melalui pelaksanaan Penilaian Tengah Semester pada dasarnya merupakan serangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh lembaga pendidikan (sekolah) melalui guru untuk mengukur keberhasilan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran sesuai waktu yang diprogramkan. Hasil itu sendiri dapat menjadi bahan tindak lanjut bagi guru untuk meneruskan, mengulang, memberi perbaikan (remedial) atau bahkan memberikan pengayaan baik secara klasikal maupun individual. Dari hasil analisis tersebut guru dapat mengevaluasi program pengajaran yang telah dilaksanakan dan membuat rencana pengajaran yang berkesinambungan.

Selain untuk mengukur keberhasilan guru dalam menyampaikan materi, kegiatan PTS juga merupakan evaluasi terhadap siswa untuk mengetahui sejauh mana penguasaan materi yang dimilikinya dan merupakan keterpaduan dari seluruh materi yang diterima selama siswa tersebut belajar.